Pijatan Untuk Kecerdasan Anak

10:27 AM

Pijatan Untuk Kecerdasan Anak - Menstimulasi kecerdasan anak bukanlah hal sulit dan selalu butuh biaya besar. Cara sederhana pun bisa meningkatkan kecerdasan si kecil. Dengan pijat, misalnya. Anak yang cerdas tentu saja menjadi dambaan siapa saja, simak info terbaru dari Nusantara Terbaru berikut ini.

Kecerdasan anak sebaiknya distimulasi sejak dini, bahkan sejak masih di dalam kandungan. Selanjutnya stimulasi dilakukan menurut usia. Caranya pun beragam. Mulai dari pemenuhan nutrisi, permainan edukatif, hingga pendidikan yang layak.

Salah satu tolok ukur kecerdasan seseorang bisa dilihat dari intelligence quotient (IQ). IQ merupakan indeks kecerdasan yang merupakan hasil dari tes IQ. IQ-nya. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa IQ dapat berubah sebanyak 20 poin sepanjang hidup seseorang.

Dikatakan oleh psikolog dari Rumah Sakit Internasional Bintaro, Dra Ninik A Banawai, bahwa secara sederhana kecerdasan intelektual dapat diartikan sebagai jenis kecerdasan yang diperlukan oleh seseorang untuk mengerjakan sesuatu hal, bertindak dengan tujuan jelas, berpikir dalam rangka mengatasi atau memecahkan masalah secara rasional sesuai dengan tuntutan lingkungannya. Berikut ini sekilas akan pijatan untuk kecerdasan anak,


Kecerdasan merupakan suatu hal yang berkaitan erat dengan perkembangan yang terjadi di otak. Otak sudah memiliki kapasitas di dalamnya, namun untuk mendapatkan kualitas yang tinggi diperlukan stimulasi agar otak berkembang secara optimal.

Perkembangan kecerdasan juga bergantung pada perkembangan fisik anak, dalam hal ini berkaitan dengan asupan gizi yang dibutuhkan oleh otak dan anggota tubuh lainnya agar dapat berkembang dan berfungsi dengan baik.

Seperti halnya ASI yang merupakan salah satu stimulus indra pengecap bayi. Pemberian asupan dalam hal nutrisi dengan cara pemberian ASI eksklusif dapat mengembangkan kognitif anak.ASI mengandung beragam asam lemak sehingga dapat meningkatkan kecerdasan anak.

Pemberian rangsangan kepada anak agar cerdas bisa juga dilakukan dengan kegiatan memijat bayi. Lalu, bagaimana kaitan antara kecerdasan anak dan pijatan? Dengan pijat, maka otak berkembang lebih baik dan meningkatkan kemampuan kerja otak.

Dari situ, bayi atau anak merasa lebih nyaman dengan sentuhan yang diberikan saat dipijat. Dia merasa diterima, juga diperhatikan. Pijat juga dapat meningkatkan bonding atau kedekatan antara bayi atau anak dan ibu. Kedekatan dengan ibu memberi rasa aman pada bayi atau anak. Dengan demikian, bayi atau anak menjadi lebih percaya pada lingkungannya.

Selain itu, bayi akan lebih siap untuk menerima stimulus sehingga dapat belajar dengan lebih cepat, dan ini berkaitan erat dengan perkembangan yang terjadi di otak. Manfaat lain dari pijat adalah membuat bayi tidur lebih nyenyak. Hal ini dapat meningkatkan daya konsentrasinya yang membuatnya kelak menjadi lebih cerdas. Usia yang paling baik untuk memperkenalkan pijatan adalah pada saat bayi berusia 0 sampai 12 bulan. Tak ada salahnya Anda kembali menyimak akan manfaat putus cinta

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini